Manfaat Line Dance Untuk Kesehatan

line dance indonesia

Sebagai salah satu penyedia layanan dan program latihan kebugaran terbaik di dunia, yang kini juga hadir di Indonesia, Fitness First menghadirkan kelas khusus untuk meningkatkan daya tahan otot jantung serta koordinasi gerakan seluruh tubuh Anda. Kelas ini dikenal dengan nama kelas Line Dance. Aktivitas fisik dalam line dance bersifat low impact. Gerakan-gerakan dan langkah-langkah tariannya mengoptimalkan gerakan pada otot tengah serta membantu dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Line Dance sendiri adalah semacam olah raga dalam wujud dansa yang dirupakan dalam serangkaian langkah khusus yang membentuk koreografi tertentu. Kombinasi olah gerak ini dilakukan dalam sejumlah hitungan yang mengikuti alunan musik khusus. Perpaduan gerakan dalam line dance bisa memiliki hitungan yang gerakannya menghadap 1, 2, 3 dan 4. Sebutan olah raga dansa sendiri muncul karena langkah-langkah dan gayanya mengadopsi langkah-langkah dasar beragam dansa yang ada seperti jazz, hip hop, waltz, merengue, cha cha, salsa, atau rumba.

Jika Anda ingin meningkatkan ketahanan otot jantung dengan kelas line dance di Indonesia, pilihan yang paling tepat adalah mengikuti dance class Fitness First yang menawarkan program ini. Line dance memiliki beberapa teknik dasar dapat dipelajari dan dipraktikkan sambil merasakan manfaat kesehatan yakni teknik langkah, jatuhan berat badan, putaran, dan musikalitas. Berbagai teknik dasar tersebut dapat dipelajari sambil praktik sampai dengan tingkatan tertentu agar lince dance dapat dilakukan dengan benar, rapi, serta aman dan lancar dalam melakukan gerakan-gerakannya.

line dance indonesia

Mungkin Anda bertanya-tanya terkait perbedaan antara line dance dengan berbagai olah raga lain yang juga mempromosikan kebugaran. Olah raga dansa semacam line dance memiliki kelebihan karena unsur yang terlibat bukan sekedar olah fisik dan mental saja, melainkan ada nuansa emosional yang membawa kesenangan karena line dance dilakukan secara bersama-sama dan dalam suasana yang riang.

Selain untuk peningkatan ketahanan otot jantung, line dance juga memiliki banyak manfaat lainnya. Di antaranya adalah untuk memperlambat gejala penuaan yang kadang terjadi terlalu dini. Secara teori, usia yang semakin tua akan diiringi dengan koordinasi dan hubungan yang semakin renggang antara otak dan tubuh. Olah gerak dengan line dance akan membantu untuk  menguatkan serta menyelaraskan koordinasi antara pikiran dan badan.

Proses melatih diri dengan tenggelam dalam gerakan-gerakan lince dance yang rancak dan teratur membuat pikiran, badan, dan jiwa menyatu untuk mengikuti ritmenya. Dengan melakukan pengulangan pada gerakan-gerakan tertentu, daya ingat Anda akan mengalami penajaman, yang secara tidak langsung juga memperlambat terjadinya kepikunan dan Alzheimer.

Line dance yang sudah terbukti bisa meningkatkan ketahanan otot jantung berkat kombinasi gerakannya juga mampu melancarkan daya motorik yang biasanya menurun akibat gaya hidup yang terlalu banyak duduk, kurang aktivitas fisik, serta mulai mengalami penuaan. Fungsi sensor motorik manusia bisa dibagi menjadi gerak refleks sebagai respons spontan atas stimulan tertentu, motorik halus, serta motorik kasar yang mencakup koordinasi antara otak dengan pergerakan tubuh dan anggota-anggota badan.

Sifat line dance yang memerlukan konsentrasi tertentu agar bisa konsisten dengan irama gerakannya juga bisa menguatkan daya konsentrasi seseorang yang mengalami penurunan akibat banyak hal. Mengikuti latihan dalam kelas line dance secara rutin di klub-klub kebugaran Fitness First bisa membantu Anda agar lebih bisa fokus dalam berbagai kegiatan sehari-hari, saat bekerja maupun bersosialisasi.

Gerakan line dance yang riang dan berenergi ini juga dikenal mampu membakar banyak kalori dalam satu sesi latihan saja. Jika satu kali latihan membutuhkan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam, peserta line dance akan mampu membakar sedikitnya 450 kalori. Banyaknya kalori yang bisa dibakar dalam sesi latihan ditentukan oleh tingkat kesulitan dan tenaga yang Anda  kerahkan ketika melakukannya. Jika seseorang melakukan line dance dengan bersemangat, tentunya hasilnya akan berbeda dengan yang melakukannya secara asal-asalan saja.

Manfaat lain line dance bagi kesehatan adalah untuk mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Gerakan-gerakan di sini, jika dilakukan dengan baik, mampu merangsang tulang sehingga mengalami penguatan. Berkurangnya risiko osteoporosis juga bisa dikarenakan line dance memiliki berbagai tingkatan kesulitan mulai dasar hingga lanjut. Seiring Anda melakukannya, tulang akan dirangsang untuk semakin menguat mengikuti tingkat kesulitan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − seven =